Sabtu, 13 November 2010

MALARIA

Penyakit malaria adalah salah satu penyakit yang penularannya melalui gigitan nyamuk anopheles betina. Berdasarkan survai unit kerja SPP (serangga penular penyakit) telah ditemukan di Indonesia ada 46 species nyamuk anopheles yang tersebar diseluruh Indonesia. Dari species-species nyamuk tersebut ternyata ada 20 species yang dapat menularkan penyakit malaria. Dengan kata lain di Indonesia ada 20 species nyamuk anopheles yang berperan sebagai vektor penyakit malaria. Sampai saat ini di Indonesia dikenal 4 macam parasit malaria yaitu:
1. Plasmodium Falciparum penyebab malaria tropika yang sering menyebabkan malaria yang berat.
2. Plasmodium vivax penyebab malaria tertina.
3. Plasmodium malaria penyebab malaria quartana.
4. Plasmodium ovale jenis ini jarang sekali dijumpai di Indonesia, karena umumnya banyak kasusnya terjadi di Afrika dan Pasifik Barat.
Usaha Pemberantasan Malaria Lintas Sektor
Kementrian Riset dan Teknologi, LIPI, BATAN
Perlu kerjasama dengan badan yang bertugas meneliti, untuk menghasilkan/menciptakan zat kimia yang dapat membunuh larva nyamuk (larvasida) dan tumbuh–tumbuhan air yang digunakan sebagai tempat berlindung larva nyamuk (herbisida).
Departemen Pertanian dan Departemen Kelautan Perikanan
Mendorong pemberantasan larva nyamuk anopheles secara hayati dilakukan dengan mengunakan beberapa agent biologis seperti predator misalnya pemakan jentik (clarviyorous fish) dengan pembudidayaan ikan gambusia, guppy dan panchax (ikan kepala timah).
Kementrian Lingkungan Hidup, Departemen Pekerjaan Umum, Departemen Kehutanan, Departemen Pertanian
Mendorong pemberantasan nyamuk anopheles dengan jalan pengelolaan lingkungan hidup (environmental management), yaitu dengan pengubahan lingkungan hidup (environmental modification) sehingga larva nyamuk anopheles tidak mungkin hidup.
Kegiatan ini antara lain dapat berupa penimbunan tempat perindukan nyamuk, pengeringan dan pembuatan dam, selain itu kegiatan lain mencakup pengubahan kadar garam, pembersihan tanaman air atau lumut dan lain-lain.
Aparatur Pemerintah Desa
Mengerakan masyarakat untuk melakukan pemberantasan nyamuk melalui gerakan 3M. Misalnya dengan mengerakkan ibu-ibu PKK untuk memantau jentik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar